MUST READS :

Tawarkan Fleksibilitas dan Return Optimal, ETF Tumbuh Pesat

ETF secara sederhana dapat diartikan sebagai Reksa Dana yang diperdagangkan di BEI, menjanjikan fleksibilitas dengan return yang optimal kepada para investor yang berinvestasi pada produk tersebut.

  Regional :
   

ADVERTISMENT       ADVERTISMENT       ADVERTISMENT      ADVERTISMENT

EVENTS!

EVENT Sekarang:
Anugerah Business Review 2013
24 September 2013

EVENT Sebelumnya:
 

Kinerja index Saham IHSG


.: SAHAM

IHSG gunakan jurus bertahan hingga akhir sesi II
27 Aug 2014

IHSG Berhasil Menguat 16 Poin ke 5.165
27 Aug 2014


.: PREDIKSI PASAR

Indeks Minim Sentimen Positif, Tujuh Saham Ini Jadi Pilihan
27 Aug 2014

Pasar Nantikan Gambaran Kabinet Jokowi, Akumulasi Empat Saham Ini
27 Aug 2014

 

Advertisment

Iklan QNB

Island Shop

 

Media Group
 

 


Notice: Undefined variable: enPath in /home/capitalm/public_html/businessreview.co.id/rubrik_read.php on line 49

Notice: Undefined variable: enPath in /home/capitalm/public_html/businessreview.co.id/rubrik_read.php on line 50

Notice: Undefined variable: time in /home/capitalm/public_html/businessreview.co.id/rubrik_read.php on line 83

Notice: Undefined variable: hal in /home/capitalm/public_html/businessreview.co.id/rubrik_read.php on line 83

Notice: Undefined variable: linkl in /home/capitalm/public_html/businessreview.co.id/rubrik_read.php on line 96

BERITA PASAR MODAL
Genggam Kartu AKSes, Jaminan Investasi, Perlindungan dan Transparansi
Posted : 08 Sep 2010 | By : Sigit | Komentar : 0

(BusinessReview Online)- Nining Kartiningsih (30) tahun ibu rumah tangga tinggal di komplek Bea Cukai, Rawa Mangun, Jakarta Timur. Sejak masih kuliah hingga memiliki  dua anak ini masih mengagumi bintang sinetron dan model Adrian Maulana.

Kekagumannnya tidak sebatas pada actingnya di beberapa sinteron di layar televisi, tapi juga kepribadiannya.

Suatu ketika saat meluangkan waktu nonton teve, Nining dikejutkan dengan iklan Adrian Maulana yang sedang mensosialiasikan Kartu AKSes  (Acuan Kepemilikan Sekuritas). Iklan yang berdurasi sekitar dua menit ini, tentunya membuat penasaran Nining.

Dalam hati Nining pun bertanya-tanya kenapa idolanya yang selama ini dikenal sebagai bintang sinteron dan model menjadi duta Kartu AKSes.  Sebagai wanita yang sadar  terhadap informasi dan  melek teknologi, tak sulit mengakses internet untuk  menelusuri jejak sepakterjang idolanya.

"Saya mau tahu apa itu Kartu AKSes. Kenapa Adrian Maulana mau jadi Duta KSEI," guman Nining  
 
Nining pun  mulai gerilya browsing di google, tentang profesi baru Adrian Maulana, juga didorong rasa ingin tahu  tentang Kartu AKSes. Selidik punya selidik, Adrian Maulana ternyata didapuk oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) untuk menjadi  Duta Kartu Akses. Lho, kok bisa?

Adrian yang saat ini menjadi investor di pasar modal, dikontrak KSEI untuk setahun ke depan mensosialisasikan penggunaan kartu AKSes. Sebagai Duta Kartu AKSes , KSEI menugasi Adrian untuk mengajak investor menggunakan Kartu AkSes sehingga dalam melihat pergerakan portofolionya setiap saat secara gratis. Hal ini untuk menghindari adanya kasus penipuan di pasar modal seperti yang telah terjadi sebelumnya.

Setelah lebaran nanti, sosialisasi diarahkan ke luar Jakarta yang menjangkau seluruh daerah. Tugasnya menjadi Duta Kartu AKSes  tidak mengganggu aktivitasnya yang saat ini juga sebagai investor. Bahkan rencananya ke depan akan mendirikan perusahaan konsultan investasi.
 
Rasa penasaran Nining tidak sampai disitu saja, dia mulai menelusuri apa fungsi kartu AKSes itu. Kartu AKSes adalah kartu yang bentuknya seperti kartu ATM. Kartu ini diterbitkan oleh PT KSEI sebagai sarana cepat investor untuk memonitor kepemilikan sahamnya di bursa.

Lewat AKSes, investor bisa dengan mudah mengetahui jumlah efeknya, aset emiten yang akan dibidik bahkan sekuritas yang mulai menunjukan gejala mencurigakan pun bisa diendus. Meski modelnya seperti kartu ATM, namun penggunaan kartu AKSes ini hanya bisa melalui akses internet, bukan mesin ATM. Kartu AKSes bisa membuat investor jadi lebih aktif.

Fasilitas AKSes merupakan sarana informasi melalui website yang disediakan KSEI bagi investotr sebagai nasabah pemegang rekening KSEI. Melalui fasilitas AKSes, investor mempunyai hak istimewa untuk melihat dan memonitor petrgerakan efek miliknya yang tersimpan dalam Sub Rekening Efek KSEI. Cukup klik http://akses.ksei.co.id.

Dengan kartu AKSes dapat menghindari kejahatan pasar modal yang belakangan ini seringkali terjadi. Munculnya kasus sejumlah sekuritas bodong seperti Antaboga dan Sarijaya, membuat banyak investor trauma. Maka, dengan AKSes, kejahatan pasar modal seperti itu, setidaknya bisa ditekan dan aset investor jadi jauh lebih aman.

Sosialisasi Pemetaan Investor

Pesona sosok Adrian Maulana bisa menjadi magnet yang dapat memikat seorang ibu rumah tangga. Nining mewakili potret kecil masyarakat, mungkin masih banyak lagi ibu rumah tangga dan remaja maupun mahasiswa yang semula tertarik pada figur Adrian Maulana, namun pada akhirnya mereka berusaha untuk mengetahui dan memahami kartu AKSes.

Hingga diharapkan pada akhirnya mereka tertarik menjadi investor lokal yang menggunakan Kartu AKSes. Kini yang dihadapkan KSEI adalah melakukan pemetaan basis investor lokal di berbagai daerah. Rencananya KSEI dalam melakukan road show dibeberapa kota besar, sejauh ini masih mencari format pemetaaan potensi investor yang akan dibidik.

Tidak meratanya akses informasi menghambat sosialisasi Kartu AKSes, dari 300 ribu investor yang tercatat di KSEI, baru 26 ribu investor yang sudah memiliki kartu AKSes.

Minimnya investor yang memiliki kartu AKSes membuat manajemen KSEI  perluas jaringan informasi ke media  lokal di daerah. Memang harus diakui selama ini informasi dan sosialisasi tentang kartu AKSes hanya di tingkat nasional masih minim. Imbasnya, kepemilikan kartu AKSes yang bisa diperoleh investor secara gratis berjalan lamban.
 
Berbagai cara bentuk sosialisasi untuk menarik minat investor, diantaranya melalui  media briefing, workshop bagi perusahaan Sekuritas serta Investor Day bagi para investor.

Head Information System Development Division KSEI Syafruddin, mengakui perkembangan kepemilikan Kartu AKSes sejak diluncurkan Juni 2009 sampai kini kurang menggembirakan. Karena itulah KSEI akan memperbanyak sosialisasi. Memang selama ini kepemilikan Kartu AKSes masih banyak terpusat di Jakarta, di daerah-daerah banyak investor yang belum tahu.

Di Jatim, misalnya, dari sekitar 27.000 investor yang ada, baru 2.000 di antaranya yang memegang Kartu AKSes. Untuk meningkatkan pemahaman publik terhadap Kartu AKSes, KSEI akan menggelar serangkaian acara sosialisasi. ”Tahun ini, KSEI akan menggelar sosialisasi di Bandung, Medan, Semarang, dan Batam,” ujarnya.

Syafruddin menambahkan, investor sebenarnya berminat dengan kartu ini , namun sosialisasinya saja yang kurang luas. Sehingga, mereka belum banyak tahu. Padahal, semuanya gratis. Jika ada investor yang meminta Kartu AKSes, maka broker harus memberikan kartu tersebut.

Kedepannya nanti, lanjut dia, Kartu AKSes akan menjadi semacam rintisan Single Investor ID untuk seluruh aktivitas di pasar modal Indonesia, mulai dari proses transaksi bursa hingga proses penyelesaiannya.

Kesadaran Miliki Kartu
Salah satu hal yang ditekankan Ananta Wiyogo, Direktur Utama KSEI dalam rangkaian sosialisasi ini adalah komitmen KSEI dalam mengembangkan fitur dan fungsi Kartu AKSes. 

Menurutnya citra transparan dan terpercaya adalah syarat esensial yang harus dipenuhi industri pasar modal Indonesia untuk mengundang masuknya investasi dari dalam dan luar negeri.Untuk itu perlu ditekankan kesadaran para investor akan pentingnya manfaat Kartu AKSes.

Data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menyebutkan, dalam sebulan investor pengguna AKSes mencapai 23.600 investor Sub Rekening Efek.

"Pengajuan Kartu AKSes meningkat sebanyak 497 per hari pasca sosialisasi tersebut. Ini membuktikan makin sadarnya investor akan fungsi dari kartu ini," kata Ananta.

KSEI cukup yakin target 50 persen dari jumlah Sub Rekening Efek yang menjadi pemegang Kartu AKSes akan tercapai pada akhir tahun ini. Saat ini jumlah investor yang tercatat dalam KSEI adalah sebanyak 356 ribu investor.

Kartu AKSes berfungsi sebagai salah satu wujud perlindungan investor yang akan menjadi rintisan dari Identitas Tunggal Pemodal (Single Investor ID). Kartu ini menjadi pesan penting yang disampaikan pada sosialisasi. KSEI berusaha mewujudkannya melalui Kartu AKSes.

Saat ini KSEI tengah mempersiapkan fitur dalam Kartu AKSes yang memungkinkan Investor melakukan pengecekan terhadap dana tunainya. ”Kami berusaha mengedukasi investor agar menyadari pentingnya pengawasan menyeluruh terhadap portofolio investasinya,” jelas Ananta.

Ananta  berpromosi keuntungan bagi investor bila memiliki Kartu AKSes memberikan kontrol fungsi pengawasan portofolio investasi kepada investor itu sendiri. Investor tidak lagi bergantung pada Perusahaan Efek untuk mengetahui kondisi portofolionya dan yang lebih penting agar investor sadar akan hak dan kewajiban untuk menjaga investasinya.

Dengan demikian investor tidak perlu lagi dipusingkan dengan resiko penyalahgunaan portofolio investasinya oleh pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab. Investor cukup berfokus pada resiko terkait keputusan investasi yang dibuatnya.

Kepala Riset PT Bhakti Securities Budi Ruseno mendukung penggunaan Kartu AKSes bagi investor pasar modal.  Menurutnya sosialisasi Kartu  AKSes ini sudah harus dimulai saat ini. Penting bagi investor untuk mengetahui haknya untuk mendapatkan informasi sebenar-benarnya mengenai kondisi portofolionya.
 
“Ketepatan dalam mendapatkan informasi portofolio efek akan menunjang kecepatan eksekusi investor dan mengurangi risiko investasi yang tidak perlu,” jelas Budi  (Sigitsuhardi@yahoo.com)


Notice: Undefined variable: linkl in /home/capitalm/public_html/businessreview.co.id/rubrik_read.php on line 138

Notice: Undefined variable: linkt in /home/capitalm/public_html/businessreview.co.id/rubrik_read.php on line 139
Jumlah Komentar masuk : 0
Bookmark and Share
Rubrik Lainnya
Lihat Komentar
Tambah Komentar


Notice: Undefined variable: add in /home/capitalm/public_html/businessreview.co.id/rubrik_read.php on line 172

Notice: Undefined variable: add in /home/capitalm/public_html/businessreview.co.id/rubrik_read.php on line 213

Anda belum mendaftar?
klik disini untuk daftar
dan mengisi form registrasi


 

 

Advertisment

Iklan KAI

 

Video

Dowload Movie

 

Free PageRank Checker

Disclaimer >>>> Data dan/atau informasi yang tersedia hanya sebagai rujukan/referensi belaka, dan tidak diharapkan untuk tujuan perdagangan saham, transaksi keuangan/bisnis maupun kegiatan bisnis lainnya. kami tidak bertanggung jawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan yang berkaitan dengan penggunaan data/informasi yang disajikan di website www.businessreview.co.id ini


www.businessreview.co.id
the indonesia lighthouse of business & state enterprises

PT. Kreasi Multi Media

Jl. Ciputat Raya No. 100 C. Kebayoran Lama 12240
Telp. (021) 729.1766. Fax. (021) 723.8541