Cara Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris
Secara umum dan paling dasar dalam memperkenalkan diri, anda perlu menyebutkan nama, asal atau alamat, usia, pekerjaan atau pendidikan, serta hobi. Anda bisa menambahkan hal lain dengan menyesuaikan situasi dan kondisi pada saat itu.

1. Memperkenalkan Nama
Tentu hal pertama saat perkenalan diri bahasa Inggris, yang perlu anda lakukan adalah memperkenalkan nama anda sendiri. Dalam memperkenalkan nama, anda bisa menggunakan beberapa contoh kalimat di bawah ini.

I would like to introduce myself. My name is Mutiara (Saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Mutiara.)
You can call me Tiara. (Kalian bisa memanggilku Tiara)
My full name is…/ My full name is… (Nama lengkap saya adalah… / Nama panggilan saya…)
2. Menyampaikan Asal atau Alamat
Setelah mereka mengetahui nama ada, anda bisa memberitahu mengenai asal atau tempat tinggal anda. Contoh cara memberitahu asal atau alamat saat perkenalan diri dalam bahasa Inggris:

I’m Indonesian. (Saya orang Indonesia)
I was born in Sulawesi (Saya lahir di Sulawesi)
I live in Yogyakarta (Saya tinggal di Yogyakarta)
My address is Kenanga street… (Alamat saya di Jalan Kenanga…)
3. Menyebutkan Usia
Anda juga perlu memberitahu tentang berapa usia anda saat perkenalan diri dalam bahasa Inggris. Contohnya sebagai berikut:

I thought I am around your age. (Saya pikir saya seumuran dengan anda)
I’m 16 years old. (Saya berumur 16 tahun)
I’m in my early forties (Saya di awal 40-an)
4. Menyebutkan Pekerjaan
Mungkin saat perkenalan diri dalam bahasa Inggris seringkali anda ditanya tentang pekerjaan. Nah, anda bisa menggunakan salah satu contoh di bawah ini untuk menjawabnya.

I just started as an operations manager at a big company. (Saya baru bekerja sebagai manajer operasional di perusahaan besar)
I’m unemployed. (Saya menganggur)
I am looking for a job, Vina. (Saya sedang mencari pekerjaan, Vina)
5. Perkenalan Latar Belakang Pendidikan
Saat perkenalan diri dalam bahasa Inggris kepada teman baru atau ketika interview kerja, anda bisa memberitahu mengenai pendidikan anda. Contohnya sebagai berikut:

TRENDING 🔥  Ada Berbagai Pilihan Bahasa : Diakui

I’m student at Tunas Bangsa Junior High School. (Saya pelajar di SMP Tunas Bangsa)
I study at Tunas Bangsa Junior High School. (Saya bersekolah di SMP Tunas Bangsa)
I graduated from Gadjah Mada University, majoring in accounting. (Saya lulusan dari Universitas Gadjah Mada, jurusan akuntansi)
6. Mengenalkan Hobi
Hobi juga bisa menjadi salah satu informasi yang disampaikan saat perkenalan diri dalam bahasa Inggris. Contoh penyampaiannya sebagai berikut:

I sometimes go to the lake, I like it because it is very calm. (Saya terkadang pergi ke danau, saya suka karena suasananya sangat tenang)
My hobby is reading detective comics. (Hobiku adalah membaca komik detektif)
I like to play ball with my friends. (Saya suka bermain bola dengan teman sekampung)
Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris
Agar anda bisa mengetahui bagaimana cara memperkenalkan diri di saat-saat tertentu, telah disajikan beberapa contoh di bawah ini. Langsung saja simak beberapa contohnya.

1. Contoh Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris untuk Mahasiswa
Penting sekali untuk memberitahu informasi mengenai segala sesuatu tentang kehidupan anda. Jadi, tak hanya nama saja. Anda bisa memberitahu mengenai nama, umur, sekolah asal, alasan memilih prodi tersebut, rencana kedepannya, dan lain sebagainya. Hal itu akan memberi kesan positif dan teman anda akan mengenal anda lebih dekat.

Contohnya:

Hello everyone. First of all, thank you for giving me permission to introduce myself. My name is Andika Rajawali Kusuma and you can call me Dika. I’m 19 years old and I come from Sumatra.

I have finished my school in Tunas Bangsa high school. To be honest, I am very excited to start college and get a broader new knowledge. I chose computer science major because I like things related to computers.

TRENDING 🔥  Harmoni: Menemukan Keselarasan Hidup yang Santai : tambahpinter.com

After graduating from this Bachelor’s degree, I will continue to a higher level. My hobbies are playing games and reading books.

I am very happy to meet and get acquainted with you. Hopefully we can become good friends and help each other.

2. Terjemahan Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris untuk Mahasiswa
Halo semuanya. Pertama-tama, terima kasih telah memberi saya izin untuk memperkenalkan diri. Nama saya Andika Rajawali Kusuma dan Anda bisa memanggil saya Dika. Saya berumur 19 tahun dan saya berasal dari Sumatra.

Saya telah menyelesaikan sekolah saya di SMA Tunas Bangsa. Sejujurnya, saya sangat bersemangat untuk memulai kuliah dan mendapat ilmu baru yang lebih luas. Saya memilih jurusan ilmu komputer karena saya menyukai hal yang berhubungan dengan komputer.

Setelah lulusan Sarjana ini, saya akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Hobi saya bermain game dan membaca buku.

Saya sangat senang sekali bisa bertemu dan berkenalan dengan kalian. Semoga kita bisa menjadi teman yang baik dan saling membantu satu sama lain.

Sumber Referensi :